PELAJAR SMAN 1 ADONARA BARAT TERBITKAN DUA BUKU BER-ISBN

     Kembali lagi jagad literasi
diperkaya  khazanah literaturnya dengan persembahan dua buku ber-ISBN dari para pelajar SMA Negeri Adonara Barat sebuah sekolah yang terletak di Kecamatan Adonara Barat
kabupaten Flores Timur ini. Dua buku bergendre fiksi ini merupakan buku kumpulan puisi dan buku legenda. Buku hasil karya pelajar Adonara Barat ini merupakan buku jilid 2 dan 3 setelah sebelumnya lembaga ini telah melaunching buku kumpulan Puisi Selaut Sastra Adonara pada tahun 2018 yang lalu.

    Dua buku tersebut masing-masing bertajuk Selangit Puisi di Tanah Mahar Gading yang merupakan antologi puisi siswa dan Adonara Dalam Legenda yang merupakan kumpulan cerita rakyat Adonara. Kedua buku ini khas menuturkan Adonara dalam aspek, seni, budaya, ritual, tradisi, pola bertani atau berladang, sampai pada kultus kosmik yang menjadi kirab hidup masayarakat Adonara.
     Dua buku ini bisa dilahirkan lagi dari rahim SMA Adonara Barat karena perhatian serius pemerintah setempat pun pemerintah pusat melalui perogram Kewirausahaan yang dibidangi Dirjen Pendidikan Menengah di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
     Hendrikus Galot, S.Pd selaku  sekretaris pelaksana program Kewirausahaan yang saat itu didampingi ketua program bapak Abraham Ola, S.Pd, mengungkapkan bahwa kehadiran dua buku ini merupakan hasil jerih paya anak-anak sekolah ini. "Dua buku karya siswa ini adalah karya anak-anak bidang kelompok usaha literasi. Kedua buku tersebut ber-ISBN. Rencananya akan dilaunching di waktu dekat ini.

      Sejalan dengan itu kepala SMAN 1 Adonara Barat, Yohanes Juang Boli, S.Pd pada Sabtu (19/10) membebarkan round down rencana kegiatan unjuk karya siswa bidang kuliner, literasi, teater, kerajinan bambu, tenun ikat, serta wiyata mandala. " Sekolah ini akan mengadakan unjuk karya siswa. Setiap kelompok usaha siswa akan memamerkan hasil karya mereka. Termasuk dua buku siswa yang ber ISBN ini. Kedua buku ini tersimpan dan terarsip di katalog Perpustakaan Nasional RI. Kegiatan ini rencananya menghadirkan pula pejabat teras di wilayah Kabupaten Flores Timur, juga perintah Provinsi NTT. Selain beberapa tamu Nasional yang juga sudah menyatakan kesediaan untuk hadir," pungkas John.

Bram Wahang.


Comments

Popular posts from this blog

PELAJAR SMAN 1 ADONARA BARAT LAUNCHING BUKU

MEMBACA CATATAN BUDAYAWAN, BERNARD TUKAN PADA "SELANGIT PUISI DI TANAH MAHAR GADING"