223 SISWA SMAN 1 ADONARA BARAT IKUT USBK

     SMAN 1 Adonara Barat, akhirnya menyertakan 223 siswanya dalam Ujian Sekolah Berbasis Komputer. Penyelenggaraan USBK serentak untuk semua sekolah jenjang SMA/MA se-Kabupaten Flores Timur, berlangsung dari tanggal 9 Maret sampai tangal 20 Maret 2020.

     Untuk tahun ini, kewenangan penyelenggaraan Ujian Sekolah diberikan secara mutlak kepada sekolah satuan pendidikan. Hal ini selaras dengan napas 'merdeka belajar' yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim,B.A, M.B.A. Namun, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Rayon Adonara menggagas USBK/USKP dilakukan secara rayon. Hal ini nampak dalam keseluruhan rencana serta proses penyelenggaraan USBK di pulau yang berjulukan romantis ini. Ketua MKKS Rayon Adonara, Muhadjir Mahmmud,S.Pd, ketika dikonfirmasi membenarkan hal ini. Bahwa semua rencana dan penyelenggaraan USBK dilakukan secara rayon. Dan MKKS Rayon menjadi promotornya. Dimulai dari penyusunan kisi-kisi, penyusunan soal dan perakitan, pelaksanaan ujian dan kepengawasan dilakukan secara bersama. " Kami para kepala sekolah memotori pelaksanaan USBK secara rayon. Sehingga seluruh guru mata pelajaran di Rayon Adonara kita kumpulkan untuk membuat kisi-kisi, membuat soal dan merakitnya. Sampai dengan kepengawasan pun dilakukan secara silang murni antarsekolah se rayon," terang Muhadjir.

     Pelaksanaan USBK/USKP yang digelar ini dikendalikan oleh satu admin dan dua orang tim teknis. Seluruh proses pengimputan soal, mengconvert soal, dan pengroupingan dilakukan secara tersentral oleh seorang admin. Admin selanjutnya mengirimkan soal secara online pada sistem juga password kepada  proktor di masing-masing sekolah untuk diujikan.
Mekanisme ini dilakukan secara terbuka dan aklamasi.oleh semua kapala sekolah di wilayah ini.

     Pada hari ini, Senin, 9 Maret 2020 sedang berlangsung ujian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ujian dilaksanakan dalam tiga sesi di dua tempat Lab UNBK. Nampak siswa sangat antusias mengikuti ujian ini. Ujian berlangsung aman, tertib, dan lancar. ***
Bram Wahang.


Comments

Popular posts from this blog

PELAJAR SMAN 1 ADONARA BARAT LAUNCHING BUKU

PELAJAR SMAN 1 ADONARA BARAT TERBITKAN DUA BUKU BER-ISBN

MEMBACA CATATAN BUDAYAWAN, BERNARD TUKAN PADA "SELANGIT PUISI DI TANAH MAHAR GADING"