USBK HARI KETIGA, SISWA BERJIBAKU DENGAN MATEMATIKA

     Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) di SMAN 1 Adonara Barat hari ketiga memasuki sesi krusial dan menguras otak. Pasalnya di hari ini, Rabu (11/03), siswa  melakoni ujian mereka dalam mata uji Matematika. Karena soal ujian untuk mata pelajaran ini selain terkategori HOTS (Higher Order Thinking Skills) tetapi juga mengandung literasi numerik. Sehingga siswa harus memiliki kepekaan dan pemahaman yang baik dalam menyelesaikan soal ujiannya.

     Soal ujian Matematika yang dihasilkan oleh kelompok Musyawarah  Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika se-Rayon Adonara ini, mengacu pada kisi-kisi Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). Walaupun demikian MGMP memiliki kewenangan dan otoritas untuk merakit kisi-kisi, sampai pada merumuskan soal USBK . Hal ini selaras dengan azaz kemandirian guru dan kemerdekaan guru dalam pembelajaran dan penilaian.

     Pelaksanaan USBK mata pelajaran Matematika di SMAN 1 Adonara Barat diikuti oleh 223 siswa yang tersebar dalam tiga program peminatan. Yohana Lebuan, siswa kelas XII MIA, saat dimintakan pendapatnya terkait ujian menyatakan bahwa soal ujiannya gampang-gampang sulit. Beberapa soal yangembutuhkan konsentrasi dan pemahaman yang cukup. " Soal ujiannya gampang- gampang sulit. Butuh kecermatan dan pemahaman yang baik. Berharap hasil ujiannya bisa mendapatkan hasil yang baik," ujar Oni Lebuan, demikian nama sapaannya.***


Bram Wahang.

Comments

Popular posts from this blog

PELAJAR SMAN 1 ADONARA BARAT LAUNCHING BUKU

PELAJAR SMAN 1 ADONARA BARAT TERBITKAN DUA BUKU BER-ISBN

MEMBACA CATATAN BUDAYAWAN, BERNARD TUKAN PADA "SELANGIT PUISI DI TANAH MAHAR GADING"